Tips Aman Snorkeling Bagi Pemula

Tips Aman Snorkeling Bagi Pemula

Tips Aman Snorkeling Bagi Pemula

Tips Aman Snorkeling Bagi Pemula

Menjadi suatu dilema tersendiri bagi mereka yang berlibur ke pulau atau pantai namun tidak bisa menikmati keindahan bawah lautnya, mungkin karena tidak bisa berenang atau phobia akan air laut. Tapi perlu kita ketahui bersama, sebagian besar Wilayah Indonesia sendiri terdiri atas lautan, dan laut Indonesia sudah termasuk dalam pusat jantung segitiga karang Dunia.

“Banyak Jalan Menuju Roma.”

Mungkin itu pribahasa yang tepat bagi kalian yang tidak bisa berenang, dan salah satu alternatifnya adalah melakukan kegiatan Snorkeling. Pada dasarnya snorkeling sendiri merupakan suatu kegiatan berenang atau menyelam di permukaan laut. Dan alat-alat yang sering digunakan dalam kegiatan snorkeling sendiri ialah alat pernapasan (Snorkle), Kacamata (Masker), Kaki Katak (Spin) dan Pelampung sebagai tambahan bagi yang tidak bisa berenang.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling sendiri kita tidak memerlukan keahlian khusus ataupun sertifikat seperti layaknya kegiatan Scuba Diving, dari segi resiko pun snorkeling masih cukup aman bagi kamu yang tidak bisa berenang.

Berikut ini adalah Tips Aman Snorkeling Bagi Pemula

DCS09171. Periksa Alat Yang Kamu Gunakan

Pastikan kamu menggunakan alat yang sesuai untuk kamu. Contoh hal seperti masker, usahakan kamu memakai alat yang pas atau sesuai ukuran kamu, jangan terlalu besar ataupun kecil, pilih dimana kamu pun nyaman memakainya. Untuk alat pernapasan (Snorkle) pastikan kamu mencuci nya terlebih dahulu sebelum kamu pakai, karena jika barang yang kamu pakai adalah sewaan kamu tidak akan tau barang itu sudah di cuci atau belum dari pemakai sebelumnya. Kaki Katak (Spin) sendiri akan menambah daya dorong kamu dalam berenang, gunakanlah ukuran yang pas dengan kaki kamu. Dan yang terakhir adalah Pelampung, inilah penyelamat kamu bagi yang tidak bisa berenang.

2. Jangan Lupa Untuk Pemanasan

Luangkanlah waktu 10-15 menit untuk melakukan pemanasan sebelum snorkeling. Kenapa ? Kegiatan Snorkeling cukup menguras fisik bagi kamu yang tidak terbiasa, tentu hal ini akan sangat berguna supaya otot-otot kamu tidak kaget yang dapat menimbulkan keram saat di dalam air.

3. Mulailah Dari Daerah Yang Dangkal

Jika bagi kamu kegiatan snorkeling adalah hal pertama yang pernah kamu lakukan, usahakan untuk mencoba di tempat yang dangkal terlebih dahulu. Mulai dengan pembiasaan menggunakan alat, dan coba untuk bernafas menggunakan mulut secara perlahan.

4. Tetap Menghadap Kebawah

Posisikan diri kamu untuk selalu menghadap kebawah dengan posisi terlentang saat di dalam air. Ini berguna agar kamu tetap mengambang di permukaan, kalaupun kamu ingin naik dengan posisi vertikal usahakan kaki kamu terus bergerak dengan cara seperti saat menggoes sepeda.

5. Jangan Panik !

Kamu pasti akan mengalami bagaimana air akan rembes kedalam masker ataupun air masuk kedalam snorkle, usahakan jangan panik dan lakukanlah hal ini. Jika Masker kemasukan air tariklah nafas panjang melalui mulut dan buang lewat hidung, itu akan membuat air didalam masker hilang. Sedangkan jika Snorkle yang kemasukan air lakukanlah hal sebaliknya, tarik nafas menggunakan hidung dan buang lewat mulut sekencang-kencangnya, dengan sendirinya air akan keluar lewat atas lubang Snorkle.

6. Selalu Bersama Rombongan

Meskipun terlihat dangkal, kamu juga harus tetap berhati-hati dan jangan terlalu jauh dari rombongan. Mungkin diatas akan terlihat tenang tapi percayalah bahwa laut mempunyai arus tersendiri di dalamnya, selalu perhatikan keadaan sekitar dan ikuti petunjuk guide kamu.

7. Mengenali Hewan Laut

Saat dalam snorkeling kamu akan terlihat bahagia melihat indahnya terumbu karang dan cantiknya ikan-ikan hias yang ada disana, namun jangan sampai terlena. Jauhilah ikan-ikan yang berbahaya ataupun bulu babi yang terkadang bersembunyi dibalik terumbu karang.

8. Freediving

Bagi kamu yang sudah mahir dalam berenang cobalah sesekali untuk bermain lebih kedalam, lebih dekat melihat terumbu karang dan lainya. Ingat, jangan melalukan hal ini bagi kamu yang tidak bisa berenang.

DCIM101GOPRO - M. Razi

Photo by M. Razi

9. Abadikan Moment Kamu

Tidak bisa dipungkiri, salah satu tujuan seseorang melakukan snorkeling pasti ingin mendapat foto bersama kehidupan nan cantik dibawah sana. Pakailah baju yang terang supaya ketika foto akan terlihat lebih cerah, dan pilih alat dokumentasi yang memang khusus untuk dibawah air/underwater, jangan menggunakan handphone dengan watercase bila ingin maksimal, pilih angel posisi tubuh kita menghadap matahari atau posisi kamera membelakangi matahari.

10. Lebih Bijak dan Tanggung Jawab

Seperti yang kita tahu, bahwa karang di laut tumbuh hanya 1 inci selama setahun. Janganlah kamu memegang Karang, Ikan atau hewan lainya dilaut yang dapat mengganggu ekosistem. Perhatikan penggunaan alat Kaki Katak (Spin) kamu supaya tidak menghancurkan karang. Dan bawalah sampah kamu sampai ke darat, jangan dibuang ke laut.